Fungsi Lain dari Headrest Bisa Menolong Nyawamu Pada Saat Terdesak

head rest
+

Headrest atau sandaran kepala yang ada di kursi mobil memang bisa dilepas pasang. Headrest yang kependekan dari head restraint pada kursi mobil, pertama kali ditemukan dan didesain pada 1950-an di Amerika, berfungsi menopang kepala bagian belakang.

Keberadaannya kadang kala hanya dianggap sebagai penyangga kepala saat berkendara agar tidak lelah.Buat mencegah risiko cedera pada pundak, leher dan kepala akibat entakan ketika kendaraan mengalami benturan. Sandaran kepala sejatinya untuk menahan posisi leher saat terjadi benturan keras dari belakang.

head rest 3

Bagi yang kerap beraktivitas dengan mobil dan kadang merasa pegal-pegal, sakit atau mengira terjadi salah urat pada bagian leher, segera perhatikan kondisi kursi kendaraan Anda. Bisa jadi salah satu penyebabnya akibat dari penggunaan headrest yang tidak tepat.

Head rest dibuat dari busa lembut dan posisinya dapat disetel agar benar-benar dapat memberi keselamatan dan kenyamanan. Beragam bentuk dan modelnya tergantung keperluan masing-masing kendaraan, yang jelas fungsinya sama.

Ada model yang dapat disetel tinggi dan rendah dalam 2 atau 3 kali tahapan (klik). Ada pula sudut headrest juga dapat diatur ke depan dan belakang dengan beberapa kali tekukan atau digerakkan dengan lembut.

Pada umumnya dipakai, jika terjadi benturan keras dari belakang misalnya, posisinya tetap pada tempatnya. Jika setelannya tidak tepat, ia tidak dapat menahan kepala yang tersentak ke belakang. Sandaran kepala jenis ini memiliki tungkai sekitar 30 cm yang ditancapkan di atas kursi.

Namun taukah anda selain untuk menopang leher anda atau untuk mengurangi cidera pada leher anda, headrest bisa berfungsi lain.

Yaitu untuk memecahkan kaca mobil saat dalam keadaan darurat, misalnya mobil anda terjadi konsleting listrik, atau mungkin terjebur ke dalam kolam.

Seperti apa caranya?

Pertama, lepas headrest jok mobil anda, kemudian gunakan bagian besi yang tajam dan tancapkan ke sela sela kaca mobil anda.

Head rest

Headrest atau penyangga kepala di kursi mobil selain untuk menyandarkan kepala saat di mobil ada fungsi lain yang terkadang orang lupakan.Fungsi lainnya untuk pencegahan cedera lebih parah saat kecelakaan saat terjadi bentrokan dengan kendaraan di belakang, Headrest akan menahan kepala.

Jika tak ada sandaran kepala saat benturan terjadi, kemungkinan besar akan menyebabkan cacat fisik hingga meninggal sebagai akibat dari cedera pada tulang leher itulah yang kemungkinan menyebabkan cacat fisik atau bahkan meninggal.

Headrest pada beberapa tipe tempat duduk itu sudah diatur tetap karena menyatu dengan badan jok seperti pada jok model sport. Biasanya dengan tombol pengatur yang terdapat pada lubang tempat memasang headrest bisa diatur letak tingginya. Agar berkendara tidak cepat lelah, posisikan badan pengendara dengan mengatur tempat duduk baik dari sandaran maupun

Salah satu yang penting dari sandaran kursi mobil atau headrest yaitu fitur headrest untuk penumpang baik di baris kedua maupun ketiga. Dahulu, pada dua baris kedua dan ketiga.

Posisi tempat duduk tengah tak memiliki headrest tapi dengan alasan keselamatan, saat ini sudah banyak terjadi sudah cukup banyak produsen yang menyediakan headrest untuk penumpang tengah pada baris kedua maupun ketiga.

Demikian ulasan tentang fungsi sandaran kursi mobil yang tak bisa kita sepelekan kegunaanya bagi pengendara mobil di samping sebagai fitur kenyamanan bagi pengendara, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda