Yang Mau Wisata ke Jakarta Berikut Daftar Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi

Wisata Jakarta
+

Jakarta, satu kata yang terlintas, macet Warga Indonesia mana yang gak kenal Jakarta? Yup ibukota dari negara kita ini punya banyak cerita. Mulai permasalahan banjir dan macetnya, kuliner khasnya sampai tempat wisata yang menarik dikunjungi. Berikut ini kami akan mengulas tentang Tempat Wisata Di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Buat kamu warga Jakarta yang bingung mau kemana lagi pas weekend ataupun kamu warga luar Jakarta yang mau jalan-jalan ke Jakarta, simak ulasan 18 Tempat Wisata Di Jakarta dan Sekitarnya dibawah ini.

Berikut Adalah Daftar Tempat Wisata Di Jakarta Dan Sekitarnya

Ancol

Nah ini tempat wisata di Jakarta yang sudah terkenal seantero Indonesia, Ancol. Ancol ini terdapat di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Di kawasan ini terdapat banyak hotel murahnya yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Jakarta. Ancol sendiri terkenal dengan pantainya, setiap weekend banyak orang dateng kesini, selain udara pantai di pagi hari yang sejuk, banyak hal yang bisa dilakuin disini. Di Ancol ada 5 pantai yang cukup indah buat kamu datengin. Di antaranya yaitu, Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Festival, Pantai Ria, dan Pantai Carnival Beach Club. Selain taman dan pantai, juga ada danau yang bernama Danau Impian, dengan panjangnya yang sekitar 5 km.

Dufan

Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal Dufan juga masih berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini di buka untuk umum pertama kali pada tanggal 29 Agustus tahun 1986. Objek wisata disini itu sebuah theme park, banyak banget wahana berteknologi tinggi yang bisa kamu coba disini seperti Tornado, Kora-Kora, Histeria dan masih banyak lagi. Dufan juga merupakan hiburan outdoor terbesar yang ada di Indonesia.

Gelanggang Samudra

Gelanggang Samudra juga masih ada di kawasan Ancol. Disini kamu bisa nikmatin yang namanya edutainment theme park, pengunjung dikasih pengalaman supaya bisa kenal lebih deket sama aneka satwa kaya anjing laut, paus putih, lumba-lumba dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa ngeliat banyak pertunjukan hewan yang lucu-lucu.

Pasar Seni

Pasar Seni adalah pusat kegiatan seni serta kerajinan di Jakarta, tempat wisata di Jakarta yang satu ini banyak didatengin sama kolektor seni. Disini kamu juga bisa dapetin inspirasi dan wawasan tentang seni. Tempat wisata ini adalah wujud nyata kepedulian dari Ancol atas para seniman yang berbakat. Pasar Seni di lengkapi Galeri Pameran, Toko Cinderamata, dan Panggung Pertunjukkan loh.

Pelabuhan Marina

Marina berlokasi di Jakarta Utara yang merupakan sebuah dermaga kapal pesiar bergaya kosmopolitan pertama dan yang terlengkap di Indonesia. Marina di rancang untuk tempat kapal pesiar berbagai ukuran berlabuh. Marina juga berfungsi untuk pusat olahraga laut misalnya wind surfing, ski air, diving, sailing, dan juga merupakan pelabuhan kapal pesiar yang menuju Kepulauan Seribu.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan sebuah pulau bagi kalangan menengah yang ada di Kepulauan Seribu. Buat yang mau ke tempat wisata di Jakarta ini, kamu harus menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari Marina. Objek wisata tersebut memiliki 49 cottages, dengan 23 unit tipe deluxe, 3 unit tipe suite yang memiliki sarana olahraga, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, 2 aula serba guna, bar, restoran dan toko cinderamata. Di sini kamu juga bisa berenang sama lumba-lumba, wah asik.

Atlantis Water Adventure

Beda dengan objek wisata Dufan yang punya macam wahana darat yang menyenangkan, seru dan menegangkan. Atlantis menjadi tempat buat kamu yang mau liburan wahana air. Atlantis mempunyai fasilitas Crazy Highest Longest Slide, 13 jenis permainan dan 8 kolam utama.

Ocean Ecopark

Namanya mungkin udah gak asing lagi nih, karena kawasan ini sering banget buat di gunakan untuk ngadain konser maupun party artis-artis lokal maupun luar negeri. Nah buat yang suka mancing, Ocean Ecopark baru meluncurkan sebuah program terbaru yang bernama Ecofishing, cuma dengan membayar tiket Rp. 25.000, kamu udah bisa memancing sekaligus dapat joran dan umpan.

Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini udah jadi destinasi wisata terkenal buat warga Jakarta dan sekitarnya. Selain murah dan cara menuju pulau tidung mudah dijangkau, disini juga punya pantai yang masih bersih daripada Ancol. Di Pulau Tidung kamu juga bisa bersantai di bawah pohon yang rindang atau di saung, berjemur, melihat sunrise, melihat sunset, dan nikmatin permainan air yang udah ada disana seperti, Jetski, Angsa Laut, Banana Boat, dan Cano.

Bangunan Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional atau Bangunan Arsip Nasional juga merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta yang banyak di kunjungi. Bangunan tersebut punya sejarah yang panjang. Tempat ini merupakan saksi sejarah tentang perjalanan dari bangsa Indonesia. Semula, tempat tersebut menjadi tempat kediaman Gubernur Jenderal VOC yang bernama Reiner de Klerk.

Monumen Lengkong

Monument Lengkong berbentuk tembok yang berwarna gelap, bidangnya agak melengkung, tingginya lebih dari 2 meter yang tulisannya berwarna keemasan. Tulisan pada Monumen tersebut berisikan tentang catatan sejarah singkat adanya peristiwa Lengkong, dan nama-nama dari orang yang gugur dalam kejadian tersebut. Tempat wisata di Jakarta tersebut cuma di pergunakan setahun sekali saat adanya acara peringatan peristiwa Lengkong setiap tanggal 25 Januari.

Kebun Binatang Ragunan

Nah buat kamu yang mau wisata fauna di Jakarta, kamu bisa datengin Ragunan. Ragunan merupakan nama sebuah kebun binatang yang berlokasi di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun binatang Ragunan punya luas 140 hektar. Ragunan didirikan tahun 1864 dan didalamnya ada banyak banget koleksi hewan yang terdiri dari 4040 spesimen dan 295 spesies. Oh ya, Ragunan pernah mengalami penutupan selama 3 minggu saat tanggal 19 September tahun 2005 loh karena ada beberapa hewan di dalamnya terinfeksi flu burung, tapi gak lama kemudian di buka kembali saat 11 Oktober tahun 2005.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah salah satu jembatan yang berlokasi di sudut Ibu Kota Jakarta yang panjangnya mencapai 30 meter serta mempunyai lebar 4,43 meter, sering kali jadi objek wisata di kota tua Jakarta. Jembatan ini juga sering buat dijadikan tempat berbagai macam kegiatan, dari wisata observasi budaya bernilai sejarah, serta lokasi untuk pengambilan gambar foto para fotografer, bahkan saat ini banyak yang mengambil foto pre-wedding di jembatan Kota Intan loh Tempat wisata di Jakarta tersebut dibangun pada tahun 1628.

Museum Fatahillah Jakarta

Museum fatahillah adalah salah satu dari banyak tempat wisata di Jakarta bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Museum ini ada di Jakarta Barat tepatnya di Jalan Taman Fatahillah yang bernomor 2. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Museum fatahillah ini punya luas 1300 meter persegi di bangun tahun 1707 sampai 1710.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan wisata edukatif yang ada di depan persis stasiun kota, tepatnya di Jl Pintu Besar, Jakarta Barat. Museum ini punya tempat yang nyaman, selain ada AC serta interior yang cantik, museum ini juga menyediakan informasi sistem keuangan yang ada di Negara Indonesia sejak masa Hindia Belanda. Museum ini ngasih gambaran peranan Bank Indonesia di tanah air. Banyak banget wisatawan lokal dan luar negeri yang dateng kesini. Selain informatif juga bersih, jadi dijamin kamu yang dateng bakal betah melihat saksi sejarah dari perjalanan Bank Indonesia.

Museum Wayang

Museum wayang punya peninggalan wayang yang beragam dari zaman ke zaman. Dulunya museum wayang merupakan sebuah gereja tua yang di dirikan oleh VOC. Di museum ini, kamu bisa lihat banyak wayang yang terbuat dari bahan kulit dan juga kayu. Jumlah wayang yang tersimpan totalnya ada sekitar 4000 buah. Di antaranya ada wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang topeng, wayang janur dan masih banyak lagi.

Gedung Kesenian Jakarta

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan bangunan yang tua peninggalan pemerintah Belanda yang sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh di Kota Jakarta. Gedung tersebut adalah tempat para seniman yang ada di seluruh Nusantara dalam mempertunjukkan hasil seninya, seperti teater, drama, sastra, film, dan lain sebagainya. Gedung kesenian punya bangunan yang bergaya neo renaissance. Di bangun pada tahun 1821 di Weltevreden yang ketika itu di kenal dengan Theater Schouwburg Weltevreden.

Monas

Kalau ini siapa yang gak kenal? Yup Monas yang merupakan ikonnya kota Jakarta. Tempat wisata di Jakarta ini tiap hari sering dikunjungi banyak orang, selain gampang diakses juga jadi tempat wisata yang murah di Jakarta.

Nah itu dia 18 Tempat Wisata di Jakarta yang bisa kamu datangin satu-satu, selain kunjungi tempat wisata jangan lupa mampir juga ke berbagai restoran enak yang berada di Jakarta.

Tinggalkan komentar anda